Bacaan Doa Iftitah, Bahasa Arab, Latin & Artinya Lengkap

loading...
Bacaan doa Iftitah, bahasa arab, latin & artinya, Apa itu Iftitah ? Pengertian doa Iftitah (Isftitah) merupakan doa yang dibaca saat ketika sholat fardhu ataupun shalat sunnah diantara takbiratul ihram serta ta’awudz yaitu sebelum membaca surat Al Fatihah. Bacaan doa ini yang telah dibaca Rasulullah Saw ada macam-macam doa Ifititah, dalam doa tersebut terkandung suatu pujian, sanjungan, serta kalimat keagungan kepada Allah SWT. Adapun hukum membaca sebagai berikut.


Bacaan Doa Iftitah, Bahasa Arab, Latin & Artinya Lengkap

Hukum Doa Iftitah (Isftitah)

Hukumnya ialah sunnah untuk dibaca dalam sholat fardhu ataupun sholat sunnah. Dan sebaiknya dalam membaca secara bergantian diantara macam doa-doa Iftitah yang telah diajarkan oleh beliau Rasulullah Saw. Akan tetapi apabila dia hanya hafal satu jenis dari macam-macam doa Iftitah (Isftitah) yang ada dan melazimi bacaan doa tersebut maka tidak apa-apa.
Sebab secara dhohir Rasulullah Saw mengajarkan macam-macam doa Iftitah (Isftitah) dan tasyahud ialah untuk memudahkan manusia. Begitu juga dalam amalan dan dzikir setelah sholat. Nabi Saw membaca macam jenis wirid dzikir untuk mendapatkan khasiat atau faidah tersebut. 

Macam-Macam Doa Iftitah (Isftitah)

Menurut hasil penelitian bahwa ada dua macam doa Iftitah (Isftitah) yang telah diajarkan oleh beliau Rasulullah Saw yang telah dibaca sesudah takbiratul ihram dalam mengerjakan sholat wajib ataupun sholat sunnah ialah Allahumma baid baini dan kedua  Wajjatu wajhiya.

Dalam riwayat Abu Hurirah, Nabi Saw sesudah mengucap takbiratul ihram dalam sholat, beliau berdiam sebentar sebelum membaca surat Al Fatihah. Lalu aku bertanya, Ya Rasulullah, Demi bapakku, engkau serta ibuku. Apa yang engkau bacakan saat engkau terdiam diantara takbiratul ihram ? Kemudian beliau Rasulullah Saw menjawab:

Terjemahan Artinya :

Ya Allah, jauhkan diriku ini dari kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dari barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahanku sebagaimana dibersihkan kain yang putih dari noda. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahanku dengan air, air dingin serta hujan es. (HR. Al-Bukhari, Muslim no. 1353)

Dalam riwayatkan dari Ali, berkata : Rasulullah Saw jika berdiri untuk sholat lalu bertakbiratul ihram, kemudian mengucapkan Isftitah di bawah ini :

Terjemahan Artinya :

Bacaan diatas merupakan umum dibaca saat sholat fardhu maupun sholat sunnah. Adapun yang telah diajarkan Nabi Saw selain diatas sebagai berikut :
Terjemahan Artinya :

Mahasuci Engkau, Ya Allah, sepenuh pujian kepada-Mu. Berlimpah keberkahan nama-Mu, Mahatinggi kemuliaan serta keagungan-Mu, serta tiada sesembahan yang benar kecuali Diri-Mu Ya Allah.” (HR. Abu Dawud no. 776, An-Nasa‘i no. 899)
Terjemahan Artinya :

Allah Maha Besar, segala puji bagi Allah dengan pujian-pujian yang banyak. Mahasuci Allah pada waktu pagi dan petang.”(HR. Muslim no. 1357)

Doa diatas diucap oleh sahabat nabi saat berisftitah, maka Rasulullah Saw bersabda : Aku merasa kagum dengan doa itu, maka dibukakan untuk doa tersebut pintu-pintu langit.
Terjemahan Artinya :

Segala puji bagi Allah dengan pujian yang baik, lagi diberkahi di dalamnya. (HR. Muslim no. 1356 dari Anas bin Malik)

Doa diatas diucap oleh sahabat nabi saat berisftitah, maka Rasulullah Saw bersabda : Sungguh aku melihat 12 malaikat berlomba-lomba, maka siapa di antara mereka akan mengangkat doa tersebut. Pada doa diatas tidak untuk digabungkan saat dibaca. Sebab Rasulullah Saw saat ditanya Abu Huraira  mengenai bacaan Iftitah (Isftitah), beliau lalu kemudian menjawab  :
Beliau Rasulullah tidaklah menyebut yang lain setelah itu, yang berarti bahwa beliau tidak menggabungkan mengenai doa Iftitah yang lainnya. (Asy Syarhul Mumti’,3/52)

Jadi silahkan dipilih salah satu dari doa Iftitah (Isftitah) diatas. Dari macam-macam diatas ada dua bacaan yang sering dibaca oleh beliau Rasulullah Saw yaitu ALLAHUMMA BAA’ID BAINI WA BAINA dan WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZII FATHARAS. Kedua bacaan inilah yang selalu dibaca Rasulullah Saw saat sholat fardhu ataupun shalat sunnah. Maka boleh memilih salah satu doa mana yang mereka baca, atau mereka boleh membaca kedua doa Iftitah secara bergantian.
 Baca Juga : Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap
Itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada saat ini. Semoga dapat menjadi bermanfaat dan berguna bagi semua. Demikian tentang bacaan doa Iftitah, bahasa arab, latin & artinya lengkap, apabila bermanfaat mohon untuk dishare terimakasih J.

Related Posts

Bacaan Doa Iftitah, Bahasa Arab, Latin & Artinya Lengkap
4/ 5
Oleh
loading...