Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Bahasa Arab, Latin & Artinya

loading...
Bacaan doa Qunut sholat subuh, bahasa arab latin & terjemahan artinya, Apa itu Qunut ? Pengertian ialah Kata Qunut berasal dari bahasa arab القنوت yang artinya Taat. Yaitu Bacaan doa Qunut yang diamalkan oleh umat islam ketika mereka telah mengerjakan shalat dua rokaat di pagi hari yaitu shalat subuh. Umumnya akan dibaca oleh imam pada saat berdiri itidal atau sesudah rukuk pada rakaat kedua. Namun juga dapat dibaca ketika rokaat terakhir saat kita mengerjakan shalat witir sesudah shalat tarwih di bulan Ramadhan.
Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Bahasa Arab, Latin & Artinya
Hukum membaca Qunut sendiri mungkin saja dapat berbeda-beda yang sesuai dengan mazhab yang telah dianut masing pemeluk Islam tersebut. Seperti hal dalam Mazhab Syafii dan Maliki bacaan Qunut merupakan sunnah muaakat dimana apabila ditingalkan tidak membatalkan shalat subuh itu. Dan sementara menurut Mazhab Hanafi tidak menyunnahkan dalam shalat subuh itu, dan menurut Mazhab Hambali menyunanahkan khusus kepada pemimpi shalat imam.
Baca Juga : Bacaan Doa Nurbuat, Bahasa Arab, Latin, Khasiat & Artinya
Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Bahasa Arab, Latin & Artinya

Adapun hadits berbunyi ”Rasulullah Saw membaca selalu tentang doa Qunut ketika disaat sholat subuh hingga pada beliau meninggal dunia” hadist tersebut mencerminkan bahwa doa yang selalu diamalkan oleh beliau Rasulullah Saw. Sebab saat shalat subuh beliau tidak pernah meninggalkan hingga pada beliau meninggal dunia. Dalam arti mempunyai banyak manfaat serta keutamaan, khasiat dan kelebiahan bacaan Qunut jika kita selalu mengerjakan membaca doa Qunut saat sholat subuh

Doa Qunut Ada Tiga Macam

Sholat Subuh

Menurut dari pengikut Iman Abu Hanifar serta Imam Ahmad, doa Qunut  sholat subuh hukumnya tidak disunnahkan sebab hadits Rasulullah Saw bahwa beliau pernah mengamalkan bacaan Qunut ketika saat sholat fajar selama 1 bulan yang sudah dihapus dengan ijima’ yang sebagaimana telah diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud.

Sholat Witir

Menurut dari pengikut Imam Abu Hanifat, Qunut witir tersebut dilakukan pada rakaat ketiga sebelum ruku’, pada saat setiap sholat sunnah. Menurut dari pengikut imam syafi’I Qunut wirid dikerjaan pada akhir sholat witir, dan menurut dari pengikut imam Ahmad bin Hambal, Qunut witir dikerjaan sesudah ruku’. Namun merurut dari pengikut imam malik, Qunut witir tidak disunnahkan.
Nazilah

Merupakan doa yang dibaca sesudah ruku’ atau I’tidak ketika rakaat terkahir sholat. Qunut nazilah hukumnya sunnah hai’ah. Yang berarti apabila tertinggal lupa, tidakdisunahkan bersujud shawi. Pada mulanya mengamakan Qunut nazilah dilakukan jika mengalami suatu musibah seperti bencana alam.
Adapun manfaat dan keutamaan dari membaca bacaan Qunut ialah untuk meminta diberikan berkah petunjuk serta keselamatan serta kesehatan dari Allah, serta dijauhkan dari macam kejahatan, dan diberi ampunan untuk bertaubat kepada-Nya. 

Dalil Tentang Doa Qunut

1. Rasulullah Saw, mengajarkan pada Ibnu Abbas doa Qunut yang sudah dibacanya di setiap sholat subuh. dalam hadits dari Ibnu Abbas ra, menceritakan, berkata bahwa :

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Bahasa Arab, Latin & Artinya
Sebenarnya Rasullah Saw, mengajarkan saat ketika sholat subuh " HR. Baihaqi (Sunan Baihaqi II/211)

2. Rasulullah Saw, disaat membaca ketika shalat subuh beliau mengangkat kedua tanganya, sambil dengan berdoa. dalam Hadits dari Anas bin malik ra, berkata bahwa :
Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Bahasa Arab, Latin & Artinya
Rasulullah saw, mengangkat kedua tangannya saat ketika membaca doa Qunut shalat subuh" dari HR Baihoqi (Sunam Baihaqi II / 211)

3. Rasulullah saw, serta para sahabat tidak pernah meninggalkan membaca Qunut disaat ketika sholat subuh hingga pada meninggal dunia. Anas bin Malik ra berkata :
Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Bahasa Arab, Latin & Artinya
Sesungguhnya Rasulullah saw, Qunut nazilah sebulan penuh lamaya, lalu kemudian beliau meninggalkan Qunut Nazilah tersebut, Adapun bacaan Qunut subuh beliau tidak meninggalkan sampai pada meninggal dunia " HR. Baihaqi dan Daruquthny (Al-Majmu' 504).

Berikut ini merupakan bacaan doa Qunut sholat subuh, dalam bahasa arab, bahasa latin serta terjemahan artinya sebagai berikut :

Bahasa Arab
Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Bahasa Arab, Latin & Artinya
Bahasa Latin
Terjemahan Artinya

Ya Allah, Berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang sudah Engkau beri petunjuk. Berikanlah aku kesehatan seperti orang yang sudah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama orang-orang yang sudah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang sudah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang sudah Engkau pastikan. Karena, sesungguhnya Engkaulah yang menentukan serta tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sebetulnya tidaklah akan hina orang-orang yang sudah Engaku beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia yang Engkau musuhi. Maha berkahlah Engkau serta Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang sudah Engkau pastikan. Aku mohon ampun serta kembalilah (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah serta salam atas nabi Muhammad Saw beserta seluruh sahabatnya serta keluarganya.
 Baca Juga : Doa Tahlil, Doa Arwah & Doa Selamat Lengkap
Itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi para pembaca. Demikan mengenai bacaan doa Qunut sholat subuh, bahasa arab, latin & artinyaApabila bermanfaat mohon untuk dishare terimakasih J.

Related Posts

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Bahasa Arab, Latin & Artinya
4/ 5
Oleh
loading...