Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap

loading...
loading...
Bacaan doa sholat dhuha, manfaat & tata cara sholat dhuha lengkapApa itu shalat Dhuha ? Pengertian shalat Dhuha dalam bahasa arab صلاة الضحى yaitu merupakan sholat sunah yang dikerjakan bagi seorang muslim (islam) saat waktu Dhuha. Dalam waktu Dhuha adalah waktu saat ketika matahari mulai naik yaitu kurang lebih pukul 08.00 pagi sampai waktu dzuhur pukul 11.00. Pada jumlah rakaat paling sedikit adalah 2 rakaat dan paling maksimal adalah 12 rakaat. 

Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap
Lantas bagaimana bacaan doa, niat, manfaat dan Tata cara menjalankan shalat Dhuha ? Untuk lebih jelasnya maka mari kita membahas secara bersama-sama dibawah ini. 
Baca Juga : Doa Setelah Sholat Fardhu, Tulisan Arab, Latin & Artinya Lengkap
Bacaan Niat Shalat Dhuha
Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap
Doa Setelah Shalat Dhuha

Itulah niat dan bacaan shalat Dhuha yang dapat anda hafalkan. Untuk tata cara mengerjakannya sebagai berikut :

Tata Cara Mengerjakan Shalat Dhuha

1. Pertama membaca niat terlebih dahulu.

2. Kemudian mambaca takbir.

3. Setelah itu membaca surat Al Fatihah

4. Lalu membaca surat pendek dalam Al Qur’an. Surat pendek yang dibaca sesudah Al fatihah paling baik adalah bacaan surat Asy Syamsu (QS:91) disaat rakaat pertama, dan saat rakaat kedua bacaan surat Adh Dhuha (QS:93). (Imam Jalal Suyuthi dalam Hawsyil Khothib).

5. Kemudian Ruku’ sambil dengan membaca tasbih 3 kali.

6. Lalu I’tidal dan membaca bacaanya tersebut.

7. Pada sujud pertama serta membaca tasbih 3 kali.

8. Kemudian pada duduk diantara dua sujud dan membaca bacaanya.

9. Lalu sujud kedua serta membaca tasbih 3 kal.

10. Selanjutnya sesudah rakaat pertama selesai, dilanjutkan dengan mengerjakan rakaat kedua seperti tata cara diatas tersebut.

11. Setelah itu lalu tasyahud akhir sesudah selesai, lalu membaca salam 2 kali, serta rakaat selanjutnya dapat dikerjakan seperti tata cara diatas tersebut.

12. Terakhir menutup dengan berdoa kepada Allah SWT.

Berikut khasiat maupun manfaat dari shalat Dhuha dalam hadist Rasulullah Saw diantaranya :

Manfaat atau Khasiat Shalat Dhuha

1. Bagi siapa yang masih berdiam diri tempat shalatnya atau di masjib sesudah sholat subuh, dengan mejalankankan berdzikir, iktikaf, serta mengerjalan 2 rakaat disertai dengan tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan. Maka dosa-dosanya akan dapat diampuni, walaupun banyaknya dosa melebihi buih dilautan (HR Abu Daud).

2. Bagi siapa yang menjalankan sebanyak 12 rakaat, maka Allah SWT akan membuatkan untuknya istana di Surga. Amin.

3. Bagi siapapun yang mengerjakan selalu, maka akan diampuni segala dosanya oleh Allah, sekalipun dosa tersebut sebanyak buih dilauta (HR Tirmidzi).

4. Dalam Hadits Qudsi, Rasulullah bersabda, Allah Swt berfirman : Wahai anak Adam !, janganlah sekali engkau malas menjalankan sholat dhuhu 4 rakaat, karena dengan shalat tersebut, Akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya. (Thabrani & HR Hakim).
 Baca Juga : Bacaan Doa Iftitah, Bahasa Arab, Latin & Artinya Lengkap
Itulah informasi yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini dapat menjadi berguna dan bermanfaat bagi semua tentang bacaan doa sholat Dhuha, manfaat dan tata cara sholat Dhuha lengkap, dan apabila bermanfaat mohon untuk dishare terimakasih banyak J

Related Posts

Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap
4/ 5
Oleh
loading...