Kumpulan Doa Mustajab, Doa Dzikir dan Amalan Wirid Sehari Hari

Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap

Bacaan doa sholat dhuha, manfaat & tata cara sholat dhuha lengkap – Apa itu shalat dhuha ? Pengertian shalat dhuha dalam bahasa arab صلاة الضحى yaitu merupakan sholat sunah yang dikerjakan bagi seorang muslim (islam) saat waktu dhuha. Dalam waktu dhuha adalah waktu saat ketika matahari mulai naik yaitu kurang lebih pukul 08.00 pagi sampai waktu dzuhur pukul 11.00. Pada jumlah rakaat sholat dhuha paling sedikit adalah 2 rakaat dan paling maksimal adalah 12 rakaat. Yang dilakukan dalam satuan 2 rakaat sekali salam.

Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap
Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap
Tentunya bagi umat beragama islam pasti tidak asing mendengar sholat dhuha. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa sholat dhuha merupakan shalat yang dikerjakan pada waktu dhuha. Lantas bagaimana bacaan doa sholat dhuha ? khasiat dan manfaat shalat dhuha ? dan tata cara menjalankan shalat dhuha ? untuk lebih jelasnya maka mari kita membahas secara bersama-sama dibawah ini.

Bacaan Niat Sholat Dhuha

Dibawah ini merupakan bacaan niat sholat dhuha bahasa arab, latin dan terjemahan artinya sebagai berikut :
Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap
Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap

Doa Sholat Dhuha / Setelah Shalat Dhuha
Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap
Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap

Dibawah ini ialah bacaan doa sholat dhuha / setelah shalat dhuha, bahasa arab latin dan artinya sebagai berikut :

Itulah bacaan niat sholat dhuha dan bacaan sholat dhuha yang dapat anda hafalkan apabila menjalankan sholat dhuha. Untuk lebih jelas agar tidak salah membaca niat doa sholat dhuha atau bacaan sholat dhuha, anda dapat membaca melalui teks bahasa arab. Untuk tata cara mengerjakan sholat dhuha seperti pada umumnya dalam melakukan adapun tata cara sebagai berikut :

Tata Cara Menjalankan Sholat Dhuha / Mengerjakan Sholat Dhuha

Dibawah ini ialah tata cara melaksanakan sholat dhuha / menjalankan shalat Dhuha sebagai berikut :

1. Pertama membaca niat sholat dhuha terlebih dahulu.

2. Kemudian mambaca takbir.

3. Setelah itu membaca surat Al Fatihah

4. Lalu membaca surat pendek dalam Al Qur’an. Surat pendek yang dibaca sesudah Al fatihah paling baik adalah bacaan surat Asy Syamsu (QS:91) disaat rakaat pertama, dan saat rakaat kedua bacaan surat Adh Dhuha (QS:93). (Imam Jalal Suyuthi dalam Hawsyil Khothib).

5. Kemudian Ruku’ sambil dengan membaca tasbih 3 kali.


6. Lalu I’tidal dan membaca bacaanya tersebut.

7. Pada sujud pertama serta membaca tasbih 3 kali.

8. Kemudian pada duduk diantara dua sujud dan membaca bacaanya.

9. Lalu sujud kedua serta membaca tasbih 3 kal.

10. Selanjutnya sesudah rakaat pertama selesai, dilanjutkan dengan mengerjakan rakaat kedua seperti tata cara diatas tersebut.

11. Setelah itu lalu tasyahud akhir sesudah selesai, lalu membaca salam 2 kali, serta rakaat selanjutnya dapat dikerjakan seperti tata cara diatas tersebut.

12. Terakhir menutup dengan berdoa kepada Allah SWT.

Itulah tata cara menjalankan sholat dhuha / mengerjakan shalat dhuha. Cara diatas merupakan cara umum dalam melakukan shalat dhuha. Nah untuk khasiat dan manfaat sholat dhuha dapat anda lihat dibawah ini sebagai berikut.

Manfaat Sholat Dhuha / Khasiat Sholat Dhuha

Inilah faedah, khasiat, keutamaan atau manfaat shalat dhuha, yang dapat anda peroleh bagi orang yang bersedia menjalankan sholat dhuha, yaitu dapat melapangkan dada di dalam segala hal, seperti melapangkan rezeki, dan dalam kesehatan menurut penelitian dari dokter bahwa gerakan sholat dapat menguatkan otot, sendi dan dapat berkhasiat luar biasa pada sistem kardivaskular. selain itu juga dapat menangkal stres yang kemungkinan akan timbul pada kegiatan sehari-hari, dan dapat mengeluarkan zat-zat seperti edorfin serta ekefalin.

Itulah manfaat dari gerakan sholat dhuha, selain melapangkan rezeki ternyata gerakan sholat dhuha juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh, seperti pada pembahasan diatas tersebut.  adapun khasiat sholat dhuha yang lain dapat diperoleh jika bersedia menjalankan sholat dhuha dalam hadist Rasulullah Saw sebagai berikut.

1. Bagi siapa yang masih berdiam diri tempat shalatnya atau di masjib sesudah sholat subuh, dengan mejalankankan berdzikir, iktikaf, serta mengerjalan 2 rakaat sholat dhuha disertai dengan tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan. Maka dosa-dosanya akan dapat diampuni, walaupun banyaknya dosa melebihi buih dilautan (HR Abu Daud).

2. Bagi siapa yang menjalankan sholat dhuha sebanyak 12 rakaat, maka Allah SWT akan membuatkan untuknya istana disurga. Amin.

3. Bagi siapapun yang mengerjakan sholat dhuha sengan kekal, maka akan diampuni segala dosanya oleh Allah, sekalipun dosa tersebut sebanyak buih dilauta (HR Tirmidzi).

4. Dalam Hadits Qudsi, Rasulullah bersabda, Allah Swt berfirman : Wahai anak Adam !, janganlah sekali engkau malas menjalankan sholat dhuhu 4 rakaat, karena dengan shalat tersebut, Akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya. (Thabrani & HR Hakim).

Berikut video bacaan doa sholat dhuha yusuf mansur :



Baca Juga : Doa Setelah Sholat Fardhu, Tulisan Arab, Latin & Artinya Lengkap
 Baca Juga : Bacaan Doa Iftitah, Bahasa Arab, Latin & Artinya Lengkap
Itulah informasi yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini mengenai bacaan doa sholat dhuha, manfaat & tata cara sholat dhuha. Semoga informasi ini dapat menjadi berguna dan bermanfaat bagi semua, dan apabila bermanfaat mohon untuk dishare terimakasih banyak J. Demikian tentang - Bacaan doa sholat dhuha, manfaat & tata cara sholat dhuha lengkap

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Doa Islam : Doa Sholat Dhuha, Manfaat & Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap